Jumat, 11 Januari 2013

SOSIOLOGI PARIWISATA II


   Peranan objek wisata dalam bidang sosial, budaya dan ekonomi dalam kehidupan masyarakat:

a.)    Bidang sosial, objek wisata sangatlah penting di bidang sosial, karena dengan adanya objek wisata orang-orang dapat menenangkan dirinya dengan pergi berlibur ke objek wisata yang menarik sehingga orang yang tadinya jenuh dapat bersemangat lagi menjalani rutinitas kesehariannya. Peran lain objek wisata di bidang sosial adalah seseorang dapat melihat sisi lain dari dunianya, yaitu ia dapat melihat kehidupan orang lain dan lingkungan sekitarnya. Hal itu akan memunculkan rasa peduli dan kasih sayang terhadap sesama dan terhadap makhluk lain di dunia. Contoh: ketika berlibur ke Gembira Loka, di sana banyak terdapat fauna dan flora yang harus dijaga keberlangsungan hidupnya. Di sana akan tampak rasa peduli kita dengan memberikan makanan pada rusa, monyet atau binatang lainnya. Dalam kita berkunjung ke objek wisata kita juga akan berinteraksi dengan masyarakat luar, contoh dengan pedagang, pengunjung, atau pengelola objek wisata tersebut, sehingga dapat menjalankan suatu hubungan atau interaksi yang saling menguntungkan satu sama lain.

b.)    Bidang budaya, pada bidang budaya peran objek wisata dapat menjaga kelestarian budaya yang ada. Contohnya dengan berkunjung ke museum, berarti kita menjaga, melindungi dan menghargai budaya dan hasil karya pahlawan atau orang-orang yang memiliki andil yang besar pada zaman dahulu dan berdampak pada kehidupan kita sekarang ini. Contoh lain, berkunjung ke suatu tempat yang masih memiliki budaya asli, kita dapat mencontoh dan menerapkan budaya itu dalam kehidupan kita, misal: budaya kebersamaan, kekeluargaan dan kejujuran masyarakat Samin.

c.)    Bidang ekonomi, peran objek wisata di bidang ekonomi yaitu bertambahnya pendapatan masyarakat di sekitar objek wisata. Dengan adanya objek wisata maka akan menarik banyak karyawan atau petugas penjaga, ini akan berdampak pada bertambahnya lapangan kerja dan berkurangnya pengangguran. Oleh karena itu, dengan pengembangan objek wisata maka akan meningkatnya pendapatan masyarakat sekitar dan pendapatan negara dari jumlah pengunjung yang datang pada objek wisata tersebut. Sekarang ini, Indonesia sedang menggalakkan visit Indonesia, hal ini untuk menunjukkan betapa indahnya kepariwisataan Indonesia dan untuk meningkatkan pengunjung baik dari dalam atau luar yang akan berdampak pada perekonomian Indonesia itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar