Dimensi pendidikan multikultural menurut James Bank, yaitu:
a) Dimensi
pertama (Contents Integration), yaitu
mengintegrasikan berbagai budaya dan kelompok untuk mengilustrasikan konsep dasar,
generalisasi dan teori dalam mata pelajaran atau disiplin ilmu.
b) Dimensi
kedua (The Knowledge Construction
Process), yaitu membawa siswa untuk memahami implikasi budaya ke dalam
sebuah mata pelajaran (disiplin).
c) Dimensi
ketiga (An Equity Paedagogy), yaitu
menyesuaikan metode pengajaran dengan cara belajar siswa dalam rangka
memfasilitasi prestasi akademik siswa yang beragam baik dari segi ras, budaya (culture) ataupun sosial (social).
d) Dimensi
keempat (Prejudice Reduction), yaitu
mengidentifikasi karakteristik ras siswa yang menentukan metod pengajaran
mereka. Kemudian, melatih kelompok untuk berpartisipasi dalam kegiatan
olahraga, berinteraksi dengan seluruh staff dan siswa yang berbeda etnis dan
ras dalam upaya menciptakan budaya akademik yang toleran dan inklusif.
sumber: Mahfud,
Choirul. 2011. Pendidikan Multikultural.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
0 komentar:
Posting Komentar